Wajib Tahu, Begini Sejarah Peringatan Perdana Maulid Nabi Muhammad SAW

Wajib Tahu, Begini Sejarah Peringatan Perdana Maulid Nabi Muhammad SAW

Suara. com – Tinggal hitungan hari, warga masyarakat khususnya para-para umat Muslim akan memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, yang menetes pada tangga 29 Oktober 2020 mendatang.

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dilaksanakan setiap tanggal 12 Rabiul Awal. Namun tahukan kalian, sebenarnya kapan sejarah pertama kala peringatan Maulid Nabi ini dilaksanakan?

Menghimpun dibanding laman Hops. id—Jaringan Suara. com, S elasa (27/10/2020), sejarah Maulid Nabi Muhammad SAW pertama kala diadakan pada abad IV Hijriah oleh Dinasti Fathimiyyun di Mesir.

Penetapan peringatan pertama Maulid Nabi Muhammad SAW tersebut diungkap Al Maqrizy ahli sejarah Islam yang dituangkan dalam bukunya Al Khutath, dengan dijelaskan Dynasti Fathimiyyun yang pertama kali menyelenggarakan Maulid Nabi Muhammad SAW, diketahui sebagai dinasti yang berkuasa saat itu.

Baca Juga: Sepulang Ceramah Maulid Nabi, Gus Sinar Dicokok Polisi saat Lagi Dibekam

Abdi dalem Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat mengarak gunungan menuju Masjid Agung pada perjamuan Grebeg Sekaten 2019 di Tunggal, Jawa Tengah, Sabtu (9/11). [ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha]

Dinasti Fathimiyyun mampu menyelenggarakan Maulid Nabi Muhammad SAW karena keturunan ini telah menguasai mesir semenjak tahun 362 H dengan raja pertamanya Al Muiz lidinillah.

Raja Al Muiz bahkan dikenal sebagai penguasa yang tak hanya menetapkan perjamuan dari Sejarah Maulid Nabi Muhammad SAW saja.

Di awal menguasai mesir, raja Dinasti Fathimiyyun ini sudah membuat enam perayaan sekaligus; keadaan lahir ( maulid ) Rasul, hari lahir Ali bin Abi Thalib, hari lahir Fatimah, keadaan lahir Hasan, hari lahir Husein dan hari lahir raja yang berkuasa.

Sejak itulah raja penguasa mesir ini dan keturunan yang menjadi penguasa dari Dinasti Fathimiyyun terus menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW hingga saat ini.

Sejarah Maulid Nabi Muhamaad SAW di Indonesia

Baca Pula: 600 Ribu Kendaraan Bakal Keluar Jakarta Saat Libur Panjang Maulid Nabi

Sejarah keterangan Maulid Nabi Muhammad SAW pada Indonesia sendiri tak lepas dari peran para Wali Songo dengan hingga kini diyakini sebagai para-para tokoh penyebar agama Islam di Tanah Air.