Ternyata, Ini Alasan Mengapa Telur Free Range Lebih Mahal dari Telur Biasa

Ternyata, Ini Alasan Mengapa Telur Free Range Lebih Mahal dari Telur Biasa

Suara.com – Seperti yang telah banyak kita ketahui, telur menjadi salah satu bahan makanan hewani yang sering dikonsumsi oleh banyak orang selain daging, ikan dan susu.

Umumnya telur yang dikonsumsi ini berasal dari berbagai jenis unggas, seperti bebek, ayam dan juga angsa. Namun pernahkah Anda melihat telur berlabel free range di pasaran?

Ketika pertama kali melihat telur free range, Anda pasti bertanya-tanya mengapa harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan telur biasa.

Belum lama ini, salah seorang pengguna aplikasi TikTok mencoba menjelaskan alasan mengapa telur free range lebih mahal dibandingkan telur pada umumnya.

Melalui sebuah cuplikan video, pemilik akun TikTok @ilmumakan, tersebut awalnya memperlihatkan sekotak telur free range yang dijual di sebuah supermarket.

Tak Banyak yang Tahu, Ternyata Ini Beda Telur Biasa dengan Free Range. (Twitter/@MISSARAP/[email protected])

“Jadi telur free range ini bisa didapat dari ayam petelur atau pedaging, ayam ini memiliki akses ke lapangan terbuka, bisa melihat matahari, bisa berkeliaran dan bisa memiliki jarak dengan ayam lainnya,” jelas pemilik akun @ilmumakan yang videonya diunggah kembali oleh akun Twitter @MISSARAP.

“Lah memang ayam-ayam biasa dibesarin di mana? Nah, karena kebutuhan telur dan daging ayam yang tinggi, jadi mereka mengurung ayam-ayam ini dalam kandang, tanpa bisa berkeliaran, melihat matahari dan hanya dipaksa menghasilkan telur,” imbuhnya.

Di akhir video, pria ini menambahkan bahwa kondisi ayam ternak yang baik tentu saja menghasilkan telur lebih berkualitas. Itu sebabnya, telur free range harganya lebih mahal dibandingkan dengan telur biasa.

Rupanya, tidak sedikit warganet yang baru mengetahui perbedaan dari telur free range dan juga telur biasa. Mereka bahkan sempat memberikan berbagai tanggapan melalui kolom komentar.

“Gue banyak nggak tahu tentang perteloran ini ternyata,” sebut salah seorang warganet.