Pengertian Pergaulan Bebas

Pengertian Pergaulan Bebas

Dapatkan promo member baru Pengeluaran HK 2020 – 2021.

Perkataan. com – Pergaulan bebas tentu menjadi kalimat yang cukup sering terdengar, khususnya dalam kalangan remaja. Lantas sebenarnya barang apa pengertian pergaulan bebas?

Pergaulan bebas terdiri dari dua kata yaitu pergaulan dan bebas. Menurut Kamus Tinggi Bahasa Indonesia (KBBI) pergaulan berguna menjalin pertemanan dalam kehidupan bermasyarakat, sedangkan bebas berarti lepas atau tidak terikat. Melalui dua pertimbangan tersebut dapat disimpulkan bahwa percampuran bebas berarti jalinan pertemanan dalam kehidupan bermasyarakat yang bersifat terlepas.

Selama tersebut pergaulan bebas lebih sering dimaknai sebagai perilaku yang menyimpang daripada kewajiban, rasa malu, peraturan beserta norma yang berlaku di umum. Oleh karena itu pergaulan selamat merupakan salah satu tindakan dengan perlu dihindari karena dapat membahayakan bagi kesehatan baik secara moral maupun fisik.

Selain itu, apabila seseorang terjerumus dalam pergaulan bebas resiko kerugian bukan hanya menimpa itu saja tapi juga orang-orang pada sekitarnya. Keluarga, teman, hingga klub secara umum akan ikut tersentuh dampak pergaulan bebas.

Baca Juga: Pengertian Konflik Sosial dan Faktor Penyebabnya

Pada umumnya, seseorang terjebak di dalam pergaulan bebas karena kesalahan di dalam memilih lingkungan pertemanan. Selain tersebut faktor keidakharmonisan dalam keluarga serta rasa penasaran karena kontrol diri yang masih belum stabil selalu bisa meenjadi faktor pendorong percampuran bebas.

Bagaimana cara mengetahui apakah seseorang sudah terjerumus dalam pergaulan sunyi? Yuk, simak beberapa ciri-ciri pergaulan bebas menurut modul Kementerian Pelajaran dan Kebudayaan:

1. Menghamburkan uang buat kesenangan semata menuruti kepuasan antusiasme

2. Berperilaku tidak baik dalam lingkungan asosiasi dan merugikan masyarakat

3. Mudah emosional, gelisah, tidak sabar, tidak suka mengalah, ingin menunjukkan eksistensi dan kebanggan diri

Membaca Juga: Pengertian Manipulasi Lengkap dengan Unsur-unsur, Jenis, & Dampaknya

4. Tidak mengindahkan nasehat wali