Minus Santan, Semur Daging dari Sapi Australia Siap Saji Hanya 30 Menit!

Minus Santan, Semur Daging dari Sapi Australia Siap Saji Hanya 30 Menit!

–>

Suara. com kepala Semur daging adalah salah satu menu favorit bangsa Indonesia. Apalagi kalau dibuat daripada daging sapi Australia yang mempunyai tekstur empuk, ditambah bumbu likat yang meresap sempurna.

Chef Chandra Yudasswara dalam event d’Xpertise secara maya, Sabtu (26/09/2020), menunjukkan cara melaksanakan semur daging yang disajikan dengan daging sapi impor asal Australia.

Ia membenarkan, hal tersebut dapat menambah nilai sajian.

Menurutnya, dengan menggunakan daging lembu Australia, semur bisa dimasak hanya dalam waktu sebentar saja atau hanya sekitar 30 menit saja!

Sajian semur daging sapi. (Shutterstock)

Buat membuatnya, bumbu rempah yang dipakai adalah jahe, biji pala, pekak, cengkeh, kayu manis, daun salam, sereh dan lengkuas. Bumbu lainnya berupa bawang merah, bawang putih, kemiri, pala dan jintan beserta tambahan kecap manis dan gula palem. Blender semua.

“Kalau bikin semur saya suka menambahkan irisan cabe merah sedikit supaya ada kelezatan atau sengatan rasa sedikit pedas dari rasa manis semur dengan pekat, ” jelas chef Chandra membocorkan bumbu rahasia semurnya.

Untuk membuatnya, pertama sediakan daging Australia secondary cut. Jika lebih ingin lekas empuk, gunakan daging sapi Australia prime cut biasa pada periode punggung sapi.

Lalu, tumis bumbu dasar dengan sudah diblender sampai harum.

Kemudian tambahkan kayu manis, cengkeh, daun tenteram serta irisan cabe pada bumbu yang sudah ditumis.

Setelah itu, masukkan daging yang sudah dipotong & campurkan air kaldu untuk lalu diamkan 15 hingga 20 menit dengan api kecil dan tambahkan gula merah.