enam Pakaian Adat Aceh yang Betul Memesona

enam Pakaian Adat Aceh yang Betul Memesona

Promo menarik pada undian Data HK 2020 – 2021.

Suara. com – Aceh mempunyai kebudayaan yang tidak kalah menawan dengan daerah lainnya di Nusantara. Selain kuliner khas, pakaian adat Aceh menjadi salah satu gaya tarik tersendiri. Ada enam pakaian adat Aceh yang perlu kamu ketahui.

Daerah yang memiliki sebutan serambi Mekkah ini memiliki pakaian adat dengan tidak lepas dari syariat Agama islam. Biasanya, pakaian adat Aceh digunakan bilamana upacara penting, pernikahan ataupun pertunjukan adat. Intip yuk bagaimana indahnya pakaian adat Aceh.

1. Meukasah

Pakaian adat Aceh yang digunakan para pria bisa disebut sebagai linto baro. Pakaian ini terbagi menjadi beberapa bagian, di mana atasan dari pakaian adat linto baro disebut meukasah.

Baca Juga: 4 Jenis Pakaian Adat Jawa Timur

Baju yang terlihat seperti beskap ini terbuat dari kain sutra dengan ditenun. Pada umumnya, meukasah mempunyai warna hitam yang melambangkan longgar. Selain itu, meukasah ini ditutup dengan kerah yang menyerupai kerah cheongsam. Di bagian kerah datang dada terdapat sulaman yang berwarna emas.

2. Sileuweu

Kemudian, periode bawah dari linto baro disebut sileuweu. Celana ini juga dikenal sebagai cekak musang, yang memiliki warna sama seperti meukasah. Menggunakan bahan katun, celana ini ditenun dan melebar pada pada arah bawah. Sileuweu ini biasanya dilengkapi dengan sarung songket saat dimanfaatkan.  

3. Meukeutop

Meukeutop merupakan kopiah khas Aceh, yang memiliki bentuk lonjong ke atas. Selain tersebut, meukeutop juga dihiasi dengan lilitan kain sutra yang berbentuk kartika segi delapan yang disebut tengkulok. Meukeutop ini memiliki perpaduan lima warna yang masing-masing punya takrif sendiri.

Baca Serupa: Foto Prewedding, Nikita Willy dan Indra Priawan Seleksi 2 Pakaian Adat Ini

4. Baju kurung