Danau Ini Bisa Bikin Hewan Mengeras Seperti Batu, Kok Bisa?

Danau Ini Bisa Bikin Hewan Mengeras Seperti Batu, Kok Bisa?

Suara. com – Danau biasanya menjadi habitat bagi sejumlah hewan dan tumbuhan. Tapi, di danau yang satu ini hewan mampu mengeras menjadi batu.

Dilansir dari Live Science, banyak hewan dikabarkan pasif dan mengeras di sekitar Danau Natron di Tanzania, Afrika.

Fenomena ini terjadi karena kandungan air yang ada di danau Natron memiliki pH setinggi 10, 5 dan benar tajam. Sehingga membuat kulit tenggat mata hewan terbakar saat tersentuh atau meminum airnya.

Air di kolam tersebut terdiri dari natriun karbonat dan mineral lain yang mengalir dari celah-celah perbukitan di sekitar danau.

Baca Juga: Keren! Hewan Mungil Ini jadi Inspirasi Pabrikan Otomotif untuk Bikin Mobil

Kandungan natrium karbonat ini setara dengan cara mumifikasi di Mesir. Akhirnya, karena bersentuhan hewan-hewan ini tidak mampu bertahan, hingga akhirnya mati.

Hewan mengeras di danau natron. (Dok: Instagram/Learnwithmenow)

Bukan hanya sekadar berubah menjadi batu setelah bersentuhan dengan tirta danau. Faktanya air di danau Natron sangat menunjang ekosistem rawa asin, lahan basah air campah, kediaman bagi nila dan alga sebagai makanan utama burung flamingo hidup di sekitar danau tersebut.

Menjepret fenomenal hewan yang membatu ini pernah diabadikan fotografer Nick Brandt, dan foto tersebut dibukukan di dalam buku berjudul ‘Across the Ravaged Land’ yang terbit di 2003 silam.

“Saya secara tidak sengaja menemukan segala macam makhluk dari burung had kelelawar membatu di sepanjang pesir danau, ” terang Brandt di dalam bukunya.

“Tidak ada yang tahu sah penyebab mereka mati, tapi airnya sangat tinggi garam, saking tingginya bisa menghilangkan tinta film tustel saya dalam beberapa detik, ” sambung Brandt.

Menangkap Juga: Kasihan, Seekor Anjing Positif Covid-19

Saat musim kawin, lebih dari 2 juta flamingo kecil atau phoenicopterus rendah menggunakan danau ini sebagai letak merambak di Afrika. Sarang flamingo dibangun di atas pulau-pulau kecil yang terbentuk di danau di dalam musim kemarau.